CVT Motor Matic Mau Lebih Awet Dan Bebas Gredek? Hindari 3 Hal Ini

CVT Motor Matic Mau Lebih Awet Dan Bebas Gredek? Hindari 3 Hal Ini

Reza Pragita Daza 2021-07-05 06:33:02

Ada hal yang bisa kalian lakukan untuk membuat komponen CVT di motor matic jadi lebih awet dan bebas gredek. Caranya, cukup hindari 3 musuh utama komponen CVT motor matic berikut ini.

1. Debu

Debu merupakan musuh utama dari beberapa komponen yang ada di CVT motor matic. Debu membuat gerak roller enggak sempurna dan kampas ganda jadi slip

Misalnya pada roller, jika jalurnya dipenuhi debu atau kotoran membuat lontaran roller jadi enggak maksimal.

Efeknya putaran roller jadi kurang maksimal, hal itu membuat roller cepat peyang atau aus termakan


2. Oli

Selain debu, oli dan gemuk atau grease harus dihindari agar CVT motor matic kalian awet dan enggak mudah gredek.

Soalnya oli atau gemuk itu fungsinya untuk melincinkan komponen mesin, kalau masuk ke area CVT membuat beberapa komponen jadi slip.

Sil pulley depan yang getas membuat oli mesin masuk ke dalam area CVT. Jika didiamkan bisa mengotori area rumah roller dan membuat roller jadi slip

Begitu juga sil pada pulley belakang yang getas membuat gemuk atau grease jadi masuk. Efeknya pada tapak rumah kampas ganda yang bergesekan dengan kampas ganda jadi banyak gemuk. Hal itu yang membuat kampas ganda jadi slip, hasilnya gredek.


3. Air

Terakhir atau ketiga yang harus dihindari supaya CVT motor matic awet dan bebas gredek adalah air. Air yang masuk ke area CVT juga bisa membuat beberapa komponen CVT slip. Jika kalian habis menerobos banjir biasanya CVT terutama v-belt dan kampas ganda pasti akan slip.Selain itu, air juga membuat komponen di area CVT motor matic jadi mudah berkarat.